Dosenjaga, Aplikasi Manajemen Pendidikan Jarak Jauh

Pendidikan jarak jauh merupakan salah satu model pendidikan yang tidak mengharuskan mahasiswa untuk terus menerus berada dalam kelas. Tentunya untuk menunjang kesuksesan pembelajaran jarak jauh ini perlu ditunjang sebuah sistem yang dapat digunakan untuk pengaturan pembelajaran yang ada. Sistem pembelajaran online yang ada sekarang, kurang sesuai dengan budaya para peserta didik di tanah air. Alasan inilah yang menjadi landasan pembuatan dosenjaga.

Pada aplikasi ini, mahasiswa yang tergabung didalamnya akan mampu melakukan absensi secara online, mengerjakan tugas dan melakukan upload tugas. Selain itu, mahasiswa juga memungkinkan untuk melakukan chatting dengan sesama mahasiswa ataupun dengan dosen.

Fitur Chat

Aplikasi ini dibangun mirip dengan Facebook, yakni memungkinkan mahasiswa untuk update status yang umumnya berisi tentang perkuliahan dan juga menuliskan wall yang dalam aplikasi ini dikenal dengan lirikan ke mahasiswa atau dosen.

Penulisan ide atau status

Absensi mahasiswa yang direkam setiap kali login akan ditampilkan dalam bentuk grafik dengan prosentase kehadiran dari masing-masing mahasiswa. Prosentase ini akan digunakan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam nilai.

Grafik absensi mahasiswa

Inbox, merupakan fitur yang memungkinkan mahasiswa untuk berkirim pesan layaknya fasilitas email. Selain berupa pesan, fitur attachment juga ada didalamnya.

Fitur lain yang tidak kalah pentingnya adalah fitur FAQ. Disini mahasiswa dimungkinkan untuk melakukan posting pertanyaan, dan semua anggota bisa langsung memberikan jawabannya.

Untuk menunjang ini semua, database yang digunakan adalah Oracle. Hal ini mengingat data yang disimpan cukup besar karena menyangkut data mahasiswa dan data dosen serta pegawai PENS-ITS. Teknologi lain yang digunakan adalah PHP, Ajax dan Jquery.

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *