3 Cara Sederhana Mengamankan HP Anda

Jumlah pengguna smartphone yang semakin banyak, tentunya juga berbanding lurus dengan jumlah resiko informasi yang dapat dicuri dari para pemegangnya. Bagi seorang hacker, ada banyak cara yang dapat mereka tempuh untuk mencuri informasi dari HP anda. Berikut ini 3 cara sederhana mengamankan hp anda agar meminimalkan resiko pencurian data dari hp anda. Cara ini tidak sepenuhnya melindungi, akan tetapi merupakan langkah dasar bagi para pengguna smartphone agar terlindungi datanya.

Langkah Pertama: Atur Pin Smartphone Anda

Pengaturan pin pada smartphone akan bermanfaat saat smartphone anda hilang, tercuri, atau tertinggal dalam kurun waktu tertentu. Adanya PIN dapat melindungi seseorang untuk langsung membuka HP anda saat menemukannya. Saat ini terdapat beberapa pilihan selain dengan menggunakan PIN berupa angka atau pola, misalnya anda dapat menggunakan pengecekan sidik jari ataupun face scanner untuk mengunci smartphone anda.

Salah satu yang perlu menjadi catatan adalah sensor untuk sidik jari dan juga face scanner masih dapat dikelabui, sehingga passcode masih dapat menjadi pilihan. Kombinasi passcode berupa string dengan jumlah 6 digit atau lebih sudah cukup aman karena hampir mustahil untuk dilakukan serangan dengan cara brute force. Bagi pengguna smartphone iOS, pengaturan keamanan dapat dilakukan melalui menu Setting > Touch ID & Passcode. Untuk versi iPhone X akan berbeda yakni menjadi Face ID & Passcode. Bagi pengguna Android, nama menunya akan beragam tergantung perangkat yang anda gunakan, akan tetapi secara umum ada di menu Setting atau Pengaturan, kemudian cari Lock Screen atau Security.

Langkah Kedua: Pastikan Smartphone Anda Selalu Update

Saat menggunakan smartphone, seringkali akan muncul notifikasi untuk mendownload software update. Percayalah, notifikasi itu sebaiknya anda ikuti. Silahkan update sistem operasi atau aplikasi pada smartphone anda. Dengan melakukan pembaruan melalui software update, anda akan selalu mengikuti pembaruan yang dilakukan oleh penyedia aplikasi atau sistem operasi smartphone anda. Seringkali software update erat kaitannya dengan isu-isu keamanan.

 

Langkah Ketiga: Hindari App Stores Pihak Ketiga

Langkah ketiga ini cukup sederhana dan membutuhkan kesadaran dan kehati-hatian anda. Bagi para pengguna Android, sebaiknya anda hanya mengunduh software dari Google Play. Meskipun hal ini belum benar-benar menghindarkan anda dari segala resiko keamanan terhadap smartphone anda, akan tetapi minimal dapat mengurangi resikonya. Bagi pengguna iPhone, secara default tidak akan dapat mendownload aplikasi selain dari App Store milik Apple. Agar dapat mengunduh aplikasi di luar App Store, anda harus melakukan jailbreak iPhone anda dan tentunya semakin membuka peluang cukup besar terkait resiko keamanan smartphone anda.

Untuk semakin mengurangi resiko keamanan smartphone anda, sebaiknya anda hanya mengunduh aplikasi-aplikasi yang memang sudah cukup dikenal. Meskipun banyak tawaran mendownload aplikasi gratis, sebaiknya anda lebih jeli dalam memilih.

Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan 3 cara sederhana mengamankan hp anda yakni:

  • Atur Pin Smartphone Anda
  • Pastikan sistem operasi dan aplikasi selalu update
  • Hindari app store pihak ketiga

Silahkan mulai cek smartphone anda untuk memastikan standart minimal keamanan data pada smartphone anda telah anda lakukan.

Be Sociable, Share!

Related Posts:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *