Bermain Game Gratis Sambil Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman tidaklah selalu membosankan. Kini anda dapat bermain game gratis sambil belajar pemrograman. Codecombat adalah sebuah situs yang dapat digunakan baik oleh pengajar atau siswa dalam mempelajari bahasa pemrograman.

Bermain Game Gratis

Codecombat menyediakan sebuah environment berupa game, dimana untuk menyelesaikan tiap tahapannya dituntut untuk menuliskan kode bahasa pemrograman. Dengan environment seperti ini diharapkan pengguna tidak merasa sedang belajar bahasa pemrograman saat bermain game.

Codecombat dapat diakses oleh semuanya secara gratis. Tersedia pula versi berbayar apabila anda ingin menggunakannya untuk sekolah anda, sehingga pengajar dan siswa dapat tergabung di dalamnya. Pengajar nantinya dapat mengecek progress dari tiap siswanya.

Pilihan Bahasa Pemrograman

Saat tulisan ini dibuat, Codecombat menyediakan bahasa pemrograman Javascript, Pyhton dan yang akan segera ditambahkan yakni Java. Setiap kali anda memulai game baru, maka anda dapat mengatur bahasa pemrograman apa yang ingin anda pelajari. Misalnya saat anda belajar javascript, anda ingin menggerakkan karakter ke bawah, maka anda harus menuliskan “moveDown()”.

gamegratis.png

Pada jenis bahasa pemrograman yang lain, jenis perintah yang dituliskan tentu saja berbeda. Selain mempelajari bahasa pemrograman, disini pengguna juga sekaligus terlatih dalam hal kecepatan menuliskan setiap baris kode yang diminta.

Belajar Melalui Game

Mengapa belajar melalui game itu perlu dilakukan?. Game akan menuntut anda untuk berinteraksi, melakukan berbagai temuan dan yang paling penting adalah menuntut anda untuk melakukan trial and error. Seringkali yang membuat betah dalam bermain game adalah munculnya penghargaan saat telah selesai menempuh perjuangan, dan hal inilah yang diadopsi, sebuah penghargaan saat siswa selesai mempelajari tiap tahap akan muncul. Dalam sebuah studi juga disebutkan bahwa game baik untuk perkembangan otak anak.

Saat pembelajaran berbasis game dibandingkan dengan metode konvensional, maka pembelajaran berbasis game memiliki kelebihan dalam hal kemudahan siswa dalam pemahaman sebuah topik dan tingkat konsentrasi yang lebih baik.

Game juga memberikan respon atau feedback secara real time, tidak hanya respon yang berupa benar atau salah. Hal ini memudahkan siswa dalam menyesuaikan solusi yang tepat dari permasalahan yang dihadapi. Selain itu juga dapat memudahkan dalam memahami sebuah konsep secara holistik.

Ayo Bermain Sambil Belajar

Untuk dapat bermain game gratis sambil belajar bahasa pemrograman, anda dapat mengunjungi codecombat.com.

 

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

  • No Related Post

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *