Bigdata Dalam Sepakbola

Sepakbola modern sudah tidak asing lagi dengan penggunaan statistic untuk membantu mereka dalam mengenali lawan, mengenali kemampuan tim yang dimiliki, dan menentukan strategi yang tepat untuk tiap lawan yang akan mereka hadapi. Pada tiap pertandingan atau latihan, data dari tiap pemain terus dikumpulkan. Dalam hal ini akan banyak data yang diperoleh baik berupa ball possession, shot on target, shot blocked, shot accuracy, dll. Kini Bigdata dalam sepakbola memiliki peran yang cukup signifikan dalam membantu tim sepakbola modern dalam menghadapi tiap pertandingan yang akan dilakoni.

Big Data Dalam Sepakbola, Siapa Pengumpul Datanya?

Saat ini banyak perusahaan yang ikut berkecimpung dalam pengumpulan data pertandingan olahraga, tidak hanya sepakbola saja. Salah satu nama yang sering kita dengar saat siaran langsung pertandingan sepakbola di Liga Premiere adalah Opta. Opta ialah suatu perusahaan internasional di bidang olahraga yang berperan dalam pengumpulan dan analisis data yang didapatkan dari suatu pertandingan, dan juga berperan dalam penulisan dan pembuatan data statistik dari suatu permainan.

Sebagai sebuah perusahaan yang berbasis di London, Inggris, kini Opta telah meliput sekitar 16 jenis olahraga beregu mulai dari sepak bola hingga American football dengan jumlah pertandingan yang diliput mencapai sekitar 25.000 pertandingan pertahun.

Analisis yang mendetail yang dikumpulkan oleh Opta, membawa dimensi baru ke dalam dunia olahraga . Hal ini menjadikan siaran yang lebih inovatif, lebih menarik secara online dan laporan dan analisis profesional yang lebih profesional. Opta melakukan analisis data secara live dengan cepat, sehingga membuat sebuah pertandingan sepakbola lebih menarik

 

Siapakah Opta?

Opta Data Sports didirikan tahun 1995, pada awalnya didirikan dengan tujuan menganalisa performa dan membuat ranking baik pemain maupun klub. Awalnya, pendiri Opta menonton pertandingan sepakbola di salah satu cafe tidak jauh dari tempat tinggalnya. Selama menonton pertandingan, ia mencatat setiap kejadian di lapangan pada selembar kertas ditangannya. Seiring berjalannya waktu, ia mulai memanfaatkan software Microsoft Excel sebagai pengganti untuk kertas dan pena yang digunakan sebelumnya. Kini, Opta telah menggugunakan sebuah software yang kompleks untuk mencatat tiap kejadian dilapangan  secara cepat, terstruktur dan realtime. Kini, data Opta menjadi sangat penting untuk para pelanggannya, termasuk klub sepakbola dan studio TV.

 

Cara Opta Mengumpulkan Data

opta dalam sepakbola

Dalam tiap pertandingan, Opta akan menempatkan minimal 3 staff mereka untuk mencatat semua kejadian dari pertandingan yang sedang berlangsung. Satu orang untuk tiap tim dan satu orang yang bertugas untuk mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh keduanya. Saat ini Opta menggunakan software khusus yang telah mereka kembangkan. Software ini akan overlay di atas video yang sedang diputar dan staff mereka akan menggunakan mouse dan keyboard untuk memasukkan data pertandingan. Meskipun kamera optik telah ada, Opta beralasan bahwa kamera optik hanya dapat merekam data-data tertentu, misalnya jarak tempuh pemain akan tetapi tidak mampu merekam data berapa shot on target yang dilakukan oleh seorang pemain, berapa jumlah tekel yang telah dilakukan, berapa operan yang berhasil dan tidak, dan masih banyak data lainnya.

Bagaimana dengan pertandingan yang telah berlalu atau pertandingan sebelum Opta mulai merekam data? Opta akan melakukan hal yang sama, yakni menempatkan 3 orang dan memutar video pertandingan yang akan mereka ambil datanya.

 

Peran Opta Dalam Siaran Langsung Sepakbola

Selain memiliki klien dari tim-tim besar sepakbola, Opta juga memiliki klien berupa studio TV yang menayangkan siaran langsung pertandingan sepakbola. Menjelang pertandingan atau saat jeda setengah babak, maka Opta akan mengirimkan data mereka pada studio TV tersebut. Misalnya, saat Muhammad Salah mencetak sebuah gol, maka Opta akan langsung mengirimkan data performance Mo Salah, misalnya jumlah gol saat ini, jumlah shot on target saat pertandingan saat ini, jumlah umpan, dll. Data ini sangat berguna bagi host dalam menyampaikan informasi pada penggila bola yang kini juga sudah semakin akrab dengan data.

Be Sociable, Share!

Related Posts:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *