Mudahnya Visualisasi Data Dengan Tableau

Seiring dengan semakin populernya Big Data, maka kebutuhan akan pengolahan data itu sendiri semakin besar. Saat ini semakin banyak bidang yang membutuhkan kemampuan untuk menganalisa data dan menampilkan informasi berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan. Sebelumnya, saat berbicara data, maka software seperti Microsoft Excel yang menjadi solusi. Akan tetapi saat ini tersedia cukup banyak software lain yang lebih mudah digunakan untuk memvisualkan data.

Visualisasi Data

Jumlah data yang dihasilkan saat ini jauh melampaui jumlah data yang dihasilkan tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan artikel Forbes, jumlah data yang dihasilkan dalam waktu sehari saja sebanyak 2.5 Quintillion data dihasilkan. Berdasarkan infografis dari Domo, 90% data tersebut dihasilkan dalam rentang waktu dua tahun belakangan ini. Jumlah data ini akan terus bertambah dengan semakin populernya IoT.

Dari mana data-data tersebut dihasilkan? Selain dari pencarian Google, semua aktifitas yang terhubung ke internet yang dilakukan oleh pengguna akan menghasilkan data. Mulai dari sosial media, layanan video on demand seperti Youtube, email, kicauan anda di Twitter, foto anda di Instagram, dan masih banyak lagi. Salah satu yang dapat dijadikan contoh dalam menghasilkan data ini adalah layananan  eCommerce dan juga aplikasi mobile seperti GoJek.

Salah satu contoh hasil visualisasi data dengan menggunakan Tableau yang dilakukan oleh tim Tokopedia

Salah satu contoh hasil visualisasi data dengan menggunakan Tableau yang dilakukan oleh tim Tokopedia

Salah satu pertanyaannya, apa yang dapat dilakukan oleh penyedia dengan jumlah data yang terus dihasilkan oleh para penggunanya? Tentunya mereka ingin mendapatkan sesuatu dari data-data tersebut. Salah satu contohnya misalnya Gojek ingin mengetahui makanan paling laris dan paling tidak laku di area tertentu apa saja? disinilah salah satu tahapan big data berperan, yakni memvisualkan data sehingga para pengambil keputusan dapat melakukan strategi tertentu dengan berdasarkan data yang di visualkan.

Software Visualisasi Data

Salah satu software yang cukup populer untuk visualisasi data berdasarkan analisa dari Gartner adalah Tableau. Software ini memfokuskan dirinya untuk menyediakan sebuah perangkat lunak yang mudah digunakan, dengan cukup drag dan drop data yang akan divisualkan. Berdasarkan sulitnya penggunaan software pengolah data lainnya, Tableau mencoba menyediakan visual yang mudah digunakan.

Selain dapat melakukan import dari kumpulan data yang ada, misal berupa dokumen Excel, Tableau juga dapat langsung dihubungkan dengan Database, misalnya Oracle atau MySQL. Kangtanto sendiri sudah mencoba sendiri dengan menyambungkan Tableau dengan database MySQL dan dapat menjalankan perintah SQL dari Tableu untuk mendapatkan list data yang akan divisualisasikan.

Kangtanto dkk saat mengunjungi kantor Tableau di Singapura

Kangtanto dkk saat mengunjungi kantor Tableau di Singapura

Apakah Tableau Gratis?

Bagi anda yang berperan di dunia akademik, Tableau dapat anda unduh secara gratis. Anda dapat mengajukan academic license dengan menggunakan alamat email institusi anda. Selanjutnya pihak Tableau akan menganalisa permintaan anda dan mengirimkan balasan dalam waktu 3 hingga 4 hari.

 

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *