Cara Install MongoDB

cara install MongoDB

Pada tulisan sebelumnya telah dibahas tentang pengenalan MongoDB. Pada tulisan kali ini akan dibahas tentang cara install Mongodb di Windows maupun di Linux.

Mongodb merupakan database cross-platform dan anda dapat memilih berbagai versi yang disediakan pada web mongodb.org yang sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan.

Memilih Versi MongoDB

Pada halaman download di website MongoDB anda dapat melihat sekilas tentang versi yang disediakan. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah jenis sistem operasi yang anda gunakan untuk menginstall MongoDB. Saat ini tersedia versi untuk Windows, Linux, Mac OS X dan Solaris.

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah versi MongoDB itu sendiri. Setidaknya terdapat tiga versi yakni production release, previous releas, dan development release. Production release mengindikasikan versi terbaru yang telah stabil. Apabila muncul versi yang lebih baru lagi, maka versi production release sebelumnya akan menjadi versi previous release. Sedangkan versi development release menunjukkan versi yang masih dalam tahap pengembangan dan belum stabil.

Cara Install MongoDB di Linux

Pada bagian ini akan dijelaskan cara install MongoDB pada salah satu distribusi linux yang populer yakni Ubuntu. Tergantung kebutuhan anda apakah ingin menginstall melalui repository atau secara manual.

Cara Install MongoDB Melalui Repository

Repository sebenarnya merupakan folder online yang berisi banyak software. Setiap package berisi informasi tentang nomor versi, prasyarat kebutuhan, dan kemungkinan ketidakcocokan package. Informasi ini berguna apabila anda akan menginstall versi tertentu yang membutuhkan bagian dari software lain yang harus diinstall terlebih dahulu.

Default repository yang ada di Ubuntu sudah berisi MongoDB, tapi anda perlu mengecek untuk memastikan versinya merupakan versi terbaru.

Berikut ini langkah-langkah cara install MongoDB di Linux:

  1. Tambahkan alamat berikut pada list repository anda. Lokasi repository ada di /etc/apt/sources.list

    deb http://downloads-distro.mongodb.org/repo/ubuntu-upstart dist 10gen
  2. Selanjutnya anda perlu menambahkan MongoDB Inc’s public GPG key. digunakan untuk menandai package, memastikan konsistensinya. anda dapat melakukannya menggunakan perintah apt-get.
    $ sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv 7F0CEB10
  3. Ketika sudah selesai, anda perlu memberitahu apt-get bahwa ada terdapat repository yang baru dengan menggunakan perintah apt-get update
    $ sudo apt-get update
  4. Selanjutnya anda dapat menjalankan proses instalasi dengan perintah apt-get
    $ sudo apt-get install mongodb-org
  5. Pada baris diatas akan menginstal versi stabil dari MongoDB. Untuk menginstall versi tertentu anda harus menuliskan detail versinya seperti contoh berikut ini.
    $ sudo apt-get install mongodb-org=2.7.8

cara install mongodb

Cara Install MongoDB Secara Manual

Pada bagian ini akan dibahas tentang cara install MongoDB secara manual yakni dengan cara mendownload packagenya dari mongodb.org/downloads. Pastikan anda mengingat lokasi dimana anda menyimpan file hasil downloadnya.

Berikut ini cara install MongoDB secara manual:

  1. Ekstrak package yang telah anda download melalui terminal. Pastikan anda telah berpindah pada lokasi dimana file MongoDB tersimpan dengan menggunakan perintah cd.
  2. Jalankan perintah untuk mengekstrak MongoDB.
    $ tar xzf mongodb-linux-x86_64-latest.tgz
  3. Sesuaikan perintah tersebut sesuai dengan versi MongoDB yang anda download.
  4. Perintah tersebut akan mengekstrak file download MongoDB menjadi sebuah folder yang berada dilokasi yang sama dengan file MongoDB anda.
  5. Folder tersebut akan berisi folder-folder didalamnya dan folder yang berisi file executable adalah folder bin.

Anda tidak perlu melakukan langkah lainnya untuk install MongoDB. Menginstall MongoDB secara manual memang lebih cepat, akan tetapi memiliki beberapa kekurangan, misalnya file executable dalam folder bin tidak bisa dipanggil dari lokasi lain selain dari dalam folder bin.

Untuk menjalankan MongoDB, arahkan command line pada folder bin/ dan jalankan dengan perintah mongod

Cara Install MongoDB di Windows

Cara install MongoDB di Windows relatif lebih singkat yakni ada tiga langkah utama yakni mendownload software MongoDB, mengekstraknya dan menjalankan filenya.

Contoh langkah yang bisa ditempuh untuk install MongoDB di Windows:

  1. Ekstrak file MongoDB yang telah anda download, misalnya di Drive C
  2. Jalankan perintah Start, Run dan tuliskan cmd pada kotak run.
  3. Jalankan perintah berikut ini:

    > cd C:\mongodb-win32–x86_64-x.y.z\
    > cd bin\
  4. Dengan melakukan perintah tersebut, anda telah berpindah ke folder MongoDB.

Sampai disini pembahasan tentang cara install MongoDB di Linux dan Windows. Pada tulisan selanjutnya akan dibahas tentang perintah-perintah sederhana pada MongoDB.

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *