Download Data Kita Dari Facebook

Saya sempat membaca beberapa artikel yang menginformasikan bahwa ada kecurigaan Facebook juga ikut menyimpan data panggilan telepon dan SMS dari HP kita selain data-data yang secara sadar kita simpan di Facebook. Data yang secara sadar kita simpan di Facebook maksud saya adalah data berupa upload foto, posting teks, komentar atau like yang kita lakukan. Nah untuk lebih mengetahui data apa saja yang disimpan oleh Facebook selain data-data tersebut, maka mari download data kita dari Facebook untuk mengetahui isinya.

Semenjak skandal Cambridge Analytic, keamanan data pribadi pelanggan Facebook menjadi sorotan banyak pihak. Facebook dinilai tidak mampu menjaga data pribadi para penggunanya bahkan disinyalir aplikasi-aplikasi yang menggunakan login via Facebook juga ikutan mencuri data pribadi penggunanya beserta kontak teman-temannya.

 

Cara Download Data Kita Dari Facebook

Facebook menyediakan layanan untuk download data kita dari Facebook untuk kemudian kita cek kembali, apakah data-data tersebut berisi data-data yang tidak seharusnya berada disana atau tidak. Berikut ini cara download data kita dari Facebook.

#1 Langkah Pertama

langkah download data facebook

Silahkan login ke halaman Facebook anda, kemudian pada pojok kanan atas, terdapat icon anak panah ke bawah, silahkan anda klik.

 

#2 Langkah Kedua

langkah download data facebook

Pilih menu Pengaturan, maka akan muncul halaman Pengaturan Umum. Pada bagian kiri atas, silahkan pilih menu Informasi Facebook Anda

#3 Langkah Ketiga

langkah download data facebook

Selanjutnya akan muncul halaman Informasi Facebook Anda. Pada halaman ini, anda dapat melihat log aktifitas anda, mengunduh  informasi anda, mengelola informasi anda, dll. Silahkan klik pada pilihan Mengunduh Informasi Anda. Selanjutnya akan muncul pilihan informasi apa saja yang ingin anda unduh.

#4 Langkah Keempat

langkah download data facebook

Pada bagian Informasi Anda, secara default semua jenis data telah dipilih oleh Facebook, mulai data postingan, foto dan video, komentar, suka dan tanggapan,  teman, pesan, dll. Silahkan pilih informasi apa saja yang ingin anda unduh dan anda juga dapat mengatur data mulai kapan yang akan diunduh. Setelah selesai menentukan pilihan dan waktu download, silahkan klik pada tombo Buat File. Anda perlu menunggu beberapa waktu untuk Facebook menyelesaikan permintaan anda. Apabila telah selesai, anda dapat mendownloadnya secara langsung.

Proses download data saya dari Facebook saat penulisan ini masih berjalan. Apabila nantinya data yang sudah saya download dari Facebook sudah selesai dan didalamnya terdapat data yang tidak seharusnya berada disana, akan saya tuliskan pada postingan yang lain.

Be Sociable, Share!

Related Posts:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *