Greenshot, Software Gratis Untuk Screenshot

Screenshot merupakan salah satu aktifitas yang acapkali dibutuhkan saat kita bekerja dengan komputer atau laptop. Bagi para pengguna Mac, tentunya screenshot tidak lagi merupakan sebuah pekerjaan yang susah dilakukan karena ada beberapa pilihan shortcut untuk melakukan itu. Misalnya anda dapat menggunakan perintah Command+Shift+4 untuk screenshot dan memilih area yang diinginkan. Untuk melakukan screenshot full screen, ada shortcut sendiri yang dapat anda rubah-rubah sesuai keinginan anda.

Bagi pengguna Windows, terdapat software bawaan yang bernama Snipping Tool. Software ini muncul sejak versi Windows Vista. Mirip dengan screenshot pada OS Mac, dimana dengan Snipping Tool anda dapat melakukan screenshot area tertentu ataupun fullscreen.

Greenshot, Software Gratis Untuk Screenshot

Dari dua ulasan para paragraf sebelumnya, sebenarnya kebutuhan dasar untuk screenshot sudah terpenuhi. Akan tetapi adakalanya kita membutuhkan area screenshot hanya bagian itu-itu saja. Misalnya anda hanya melakukan screenshot untuk area ukuran 500px x 500px yang dimulai dari pojok kiri atas layar anda dan anda membutuhkannya secara berulang-ulang. Misalnya saat anda menonton sebuah film dan ingin screenshot beberapa adegan yang sedang anda tonton. Dengan menggunakan screenshot bawaan Mac ataupun Snipping tool, maka opsi yang dapat dilakukan hanya dengan melakukan drag terhadap area yang diinginkan.

Tampilan Pengaturan Shorcut Pada Software Gratis Greenshot

Tampilan Pengaturan Shorcut Pada Software Gratis Greenshot

Greenshot bisa jadi sebagai pilihan untuk kebutuhan tersebut. Fitur dasarnya sama dengan Snipping tool dan juga screenshot bawaan Mac, akan tetapi yang membedakannya adalah Greenshot dapat melakukan screenshot berdasarkan history dari perintah screenshot sebelumnya. Sebagai contoh anda ingin melakukan screenshot seperti yang dijelaskan sebelumnya. Anda hanya cukup sekali melakukan screenshot dengan melakukan drag pada area yang anda inginkan. Selanjutnya, dengan menggunakan shortcut yang dapat anda tentukan sendiri, maka Greenshot dapat langsung melakukan screenshot pada area yang sama persis dengan screenshot sebelumnya.

Tertarik untuk mencoba? Silahkan anda dapat mendownload software gratis ini melalui websitenya di http://getgreenshot.org/

Be Sociable, Share!

Related Posts:

  • No Related Post

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *