Membuat Game 3D Sederhana Dengan Unity


Game ini merupakan sebuah game yang mengambil tema tentang seekor kera yang berburu pisang pada area perkebunan. Kera tersebut harus mengambil pisang dengan jumlah tertentu untuk bisa memenangkan permainan. Proses pengambilan pisang akan menemui beberapa kesulitan mulai dari penempatan pohon pisang, perbedaan tinggi pohon pisang dan halangan-halangan yang lain.

Karakter yang dikontrol pada game ini berupa seekor kera yang memiliki kemampuan untuk berjalan, berlari, melompat dan memukul. Pisang dapat diambil dengan menggunakan empat kemampuan yang dimiliki oleh kera tersebut. Awalnay sih memang ingin seekor kera, akan tetapi karena belum sakti di Blender atau dengan kata lain belum bisa mbikin karakter kera di Blender, maka akhirnya karakternya memakai Lerzp yang merupakan karakter dari contoh proyek game Unity. Kalau diliat bentuknya, yang mirip kera hanya mulutnya saja.

Ide game ini diadopsi dari tema yang sama dari game 2D yang berjalan pada sistem operasi  Android. Pembuatan game dalam bentuk 3D ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman berbeda pada tema game yang sama sekaligus menerapkan beberapa konsep dasar pada game 3D. Game ini dibangun dengan menggunakan game engine Unity 3.4 versi free yang berjalan pada sistem operasi Windows.

gameunity1 Membuat Game 3D Sederhana Dengan Unity

Permainan yang dibuat dimainkan dalam sebuah area yang terlihat seperti kebun pisang. Dalam kebun tersebut terdapat pohon-pohon pisang yang buahnya dapat diambil untuk mendapat point dan jika terambil dalam jumlah tertentu, membuka pintu untuk mengakhiri level tersebut.

Penempatan pisang-pisang dalam area dibuat bervariasi agar terdapat tantangan bagi pemain. Selain penempatan yang bervariasi, diberikan pula rintangan yang menghambat pemain untuk mencapai pisang. Variasi penempatan berupa tinggi pohon dan posisi pohon yang memerlukan usaha tambahan untuk mencapainya. Rintangan yang diberikan berupa pohon yang tertutup pagar dan memiliki pintu yang terbuka dan tertutup secara berkala, unit yang menembaki karakter serta jembatan angkat.

Tujuan dari permainan adalah mengumpulkan pisang sejumlah yang telah ditentukan dan keluar dari area bermain sebelum waktu habis. Jumlah pisang yang diberikan lebih banyak dari syarat berakhirnya permainan untuk mempermudah pilihan. Setelah berhasil mengumpulkan pisang, pemain harus mengarahkan karakter ke pintu keluar yang ditentukan. Saat pemain berhasil keluar atau jika waktu telah habis, permainan berakhir.

Incoming search terms:

Related Posts:

    6 Responses to Membuat Game 3D Sederhana Dengan Unity

    1. mantab rek … apik tenan web e and tutorialnya
      ajari aku yo . . .

    2. billy says:

      mas ajari aku step by stepnya dong

    3. syafrijawad says:

      ajari aku membuat game dooooooooooooooooong please

    4. eras says:

      ah itu mah bukan caranya tapi curhat

    5. taufik says:

      Ajarin ane javascript dong master
      ane gak ngerti sama sekali tentang scripting

      chat line ane aja ya

      line id: opuk

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>