Membuat Game Pokemon Go Ternyata Butuh Waktu 20 Tahun

Minggu ini, Pokemon Go telah memecahkan berbagai rekor, dengan total download mencapai lebih dari 10 juta dalam minggu pertama, melampaui pengguna Twitter yang aktif setiap harinya. Selain itu juga memiliki rata-rata waktu penggunaan lebih tinggi dibandingkan Facebook, Snapchat, Instagram dan WhatsApp. Sebuah pertanyaan muncul, kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh si pembuat Game Pokemon Go yakni John Hanke untuk mewujudkan kesuksesannya dalam semalam? Bagi John Hanke, setidaknya dia butuh 20 tahun untuk membuat game Pokemon Go.

membuat game pokemon go
Tahapan Membuat Game Pokemon GO

Untuk membuat game pokemon Go, John Hanke telah melewati berbagai tahapan dalam rentang waktu 20 tahun dan hasil akhirnya berupa sebuah game fenomenal yakni game Pokemon Go. Berikut ini 10 tahapan yang dilewati oleh John Hanke selama hidupnya untuk mewujudkan game Pokemon Go.

Tahapan Pertama
Pada tahun 1996, saat ia masih menjadi seorang mahasiswa, John ikut berperan serta dalam pembuatan game MMO (Massively Multiplayer Online Game) yang pertama bernama Meridian 95. Ia menjual game tersebut ke 3DO untuk melanjutkan ke mimpi yang lebih besar lagi yakni memetakan dunia.

Tahapan Kedua
Pada tahun 2000, John meluncurkan Keyhole untuk memberikan solusi bagaimana cara menghubungkan peta dengan aerial photography. Ia membuat GPS yang terhubung dengan peta 3D aerial dunia yang terhubung secara online untuk pertama kalinya.

Tahapan Ketiga
Pada tahun 2004, Google membeli Keyhole dan dengan bantuan John, merubah Keyhole menjadi Google Earth yang kita kenal saat ini. Saat itulah John memutuskan untuk fokus pada pembuatan game berbasis GPS.

Tahapan Keempat
John menjalankan tim Google Geo sejak tahun 2004 hingga 2010, membuat Google Maps dan Google Street View. Pada rentang waktu itu juga ia mengumpulkan tim yang kemudian akan membuat Pokemon Go

Tahapan Kelima
Pada tahun 2010, John meluncurkan Niantic Labs sebagai sebuah start up yang didanai oleh Google untuk membuat sebuah game yang berjalan diatas map.

Tahapan Keenam
Pada tahun 2012, John membuat geo-based MMO bernama Ingress.
John menjelaskan: “Pada Ingress, aktifitas dilakukan diantara layer dunia nyata dan smartphone anda. Inspirasinya berasal dari kebiasaan saya melamun saat bolak balik dari rumah ke Google”.

“Saya selalu yakin bahwa anda dapat membuat sesuatu yang luar biasa dengan menggunakan semua data Geo yang kita miliki. Saya melihat bahwa smartphone semakin lama semakin kuat dan saya rasa waktunya akan tiba untuk membuat game petualangan berbasis dunia nyata yang seru”

Tahapan Ketuju
Google dan Pokemon Company bekerjasama untuk membuat guyonan April Fools’ Day yang memungkinkan pengguna untuk menemukan makhluk Pokemon pada Google maps. Ide itu ternyata menjadi viral dan John berfikiran bahwa ide tersebut bisa diwujudkan dalam sebuah game.

Tahapan Kedelapan
John memutuskan untuk membuat Pokemon Go dengan berdasarkan user-generated meeting points yang dibuat oleh para pemain Ingress, dan yang sekarang  popular dengan nama Pokestops dan gyms dalam Pokemon Go.

John mengatakan : “Pokestops dikirimkan oleh pengguna sehingga akan berdasarkan lokasi dimana mereka berada. Setidaknya sudah dua setengah tahun orang-orang mengunjungi berbagai tempat dimana mereka dapat memainkan Ingress, beberapa diantaranya adalah tempat yang begitu terpencil dan jauh. Terdapat portal di Antartika dan kutub utara dan yang paling banyak diantara keduanya”.

Tahapan Kesembilan
John mendapatkan $25 juta dari Google, Nintendo, Pokemon Company dan investor-investor lainnya sejak Desember 2015 hingga Februari 2016 untuk mengembangkan tim yang terdiri lebih dari 40 orang lebih dengan tujuan meluncurkan Pokemon Go tahun ini.

Tahapan Kesepuluh
John dan timnya meluncurkan Pokemon Go pada tanggal 6 Juli di Amerika, Australia dan Selandia Baru. Sejak peluncurannya, saham Nintendo melonjak hingga $12 Milyar, dan aplikasinya sendiri telah menghasilkan lebih dari $2 juta perhari dalam transaksi in-app purchase-nya yang membuatnya menjadi fenomena dalam waktu semalam.

Waktu 20 tahun yang dihabiskan oleh John Hanke telah menghasilkan sebuah kesuksesan dalam waktu semalam berupa game Pokemon Go. Tidak hanya dalam semalam, sehari, seminggu atau sebulan untuk membuat game Pokemon Go, akan tetapi butuh proses yang telah dilalui sejak 20 tahun yang lalu. Selama rentang 20 tahun waktunya, saat ia memiliki visi besar berupa sebuah game yang berada di atas layer dunia nyata, ia tidak tahu bentuknya akan seperti apa. Pada tiap tahapan langkahnya, ia hanya fokus untuk peningkatan level kemampuannya.

Pada pencapaian tiap tahapan, ia memiliki kekuatan baru, anggota tim yang baru dan banyak hal baru lainnya. Apakah anda seperti John? Simpan hasil akhirnya dipikiran anda, dan tetap fokus pada peningkatan kapasitas diri anda. Pada tiap tahapan, tumbuhkan semangat anda dan kembangkan jejaring pertemanan. “Butuh 20 tahun untuk membuat sebuah kesuksesan dalam semalam” ~ Eddie Cantor

Disadur dari: https://www.facebook.com/rogerjameshamilton/posts/10157015683385411

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *