Membuat Media Pembelajaran Berbasis Animasi Menggunakan Prezi

Dalam menyampaikan materi, seorang pendidik selain dituntut untuk menguasi tentang topik yang akan disampaikan, juga perlu berfikir kreatif tentang teknik penyampaian yang akan digunakan. Salah satu pendukung dalam menyampaikan materi adalah media pembelajaran. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan dalam membuat media pembelajaran adalah Power Point. Sebenarnya selain Power Point, terdapat aplikasi lain yang berbasis animasi yakni Prezi. Pada tulisan kali ini akan dibahas tentang pengenalan Prezi dan perbandingan antara Prezi dan Power Point.

Media Pembelajaran Berbasis Animasi dengan Prezi

Prezi merupakan sebuah aplikasi untuk membuat presentasi dengan pendekatan yang berbeda dengan yang digunakan oleh Power Point. Power Point menggunakan pendekatan berupa slide-slide untuk memisahkan masing-masing yang akan tampil pada layar. Sedangkan Prezi menggunakan pendekatan berbasis frame-frame yang tersusun dalam sebuah canvas besar. Prezi menggunakan teknik zoom-in zoom-out untuk perpindahan dari masing-masing frame. Frame dapat dianalogikakan sebagai sebuah slide dalam Power Point.

Untuk dapat memudahkan dalam memahami tentang Prezi, mari kita lihat contoh presentasi di bawah ini:

Prezi merupakan software presentasi yang non linier, tidak seperti Power Point yang harus berurutan dalam menampilkan slide.

Software Prezi cocok digunakan untuk membuat media pembelajaran yang berbasis animasi, meskipun animasi yang disediakan oleh Prezi hanya berupa zoom, turn dan fade-in. Akan tetapi dengan ide kreatif anda, maka sebuah media pembelajaran interaktif berbasis animasi akan dapat diwujudkan.

Perbandingan Prezi dan Power Point

Baik Prezi dan Power Point sebenarnya sama-sama dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif dan berbasis animasi. Akan tetapi masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan.

Power Point

Keunggulan:

  • Mudah digunakan, karena pada umumnya keluarga Microsoft Office diajarkan disekolah.
  • Menyediakan cukup banyak slide yang sudah siap dipakai dengan hanya merubah isinya
  • Menyediakan fitur untuk mencetak dalam bentuk handout
  • Dapat memilih koleksi animasi transisi pergantian slide
  • File ppt dapat dicopy dan dipindah ke komputer lain untuk diedit

Kekurangan:

  • Format linier. Banyak komplain terkait dengan cara Power Point yang harus menampilkan slide secara berurutan. Saat sebuah slide sudah dijalankan, untuk berpindah ke slide tertentu relatif sulit
  • Tidak gratis. Anda harus membeli Power Point untuk dapat menggunakannya. Akan tetapi hal ini tidak begitu terasa, karena software ini biasanya selalu tersedia saat kita berada di sekolah ataupun kantor.
  • Tidak berbasis cloud. File yang anda buat melalui Power Point dan tersimpan pada laptop atau komputer anda memiliki resiko hilang saat perangkat yang anda gunakan mengalami kerusakan. Misalkan Hardisknya mengalami bad sector. Kecuali anda secara reguler membuat salinan file tersebut.

Prezi

Keunggulan:

  • Zoom. Ini yang membedakan Prezi dengan Power Point. Saat anda berpindah tampilan dari satu layar ke yang lainnya, maka animasi yang dijalankan berupa zoom. Misalnya anda menampilkan informasi secara umum, kemudian anda menampilkan lagi detailnya, maka anda dapat melakukan zoom-in pada area tertentu untuk menampilkan detailnya.
media pembelajaran interaktif

Saat tampilan awal presentasi

media pembelajaran interaktif

Saat zoom-in ke salah satu area

  • Gratis. Prezi menyediakan paket gratisan meskipun dengan space yang dibatasi. Akan tetapi bagi anda yang dibidang pendidikan, anda dapat memperoleh paket pendidikan dengan syarat menggunakan email lembaga anda. Biasanya kalau berupa sekolah dapat menggunakan domain sch.id dan ac.id untuk perguruan tinggi.
  • Tersedia yang berbasis web. Prezi menyediakan software yang dapat dijalankan hanya dengan menggunakan browser anda tanpa harus menginstalasi prezi pada perangkat anda. Software berbasis web ini menggunakan teknologi Javascript, sehingga anda tidak perlu menyiapakan flash player.
  • Berbasis cloud. File yang anda buat melalui prezi akan tersimpan pada server prezi, sehingga anda dapat merubah atau membuat presentasi baru sewaktu-waktu, misalnya saat anda di bandara atau dalam perjalanan. Saat anda telah tiba, anda dapat langsung melanjutkan presentasi yang anda buat, meskipun anda menggunakan perangkat lain, tanpa harus copy paste.
  • Kolaborasi. Anda dapat berkolaborasi dengan patner anda dalam membuat presentasi secara online dan realtime.

Kekurangan

  • Tampilan Prezi terlihat aneh dan sulit. Hal ini karena Prezi tidak diajarkan disekolah sehingga anda belum terbiasa menggunakannya.
  • Tidak dapat mencetak handout. Karena Prezi tidak menggunakan slide, sehingga anda tidak dapat mencetak slide berbentuk handout untuk para peserta presentasi anda.
  • Template yang disediakan tidak dapat dirubah selayaknya di Power Point, misal untuk warna font dll

Pilih Power Point atau Prezi?

Pilihan ada ditangan anda. Apabila anda telah terbiasa menggunakan Power Point, anda sebenarnya masih dapat melakukan banyak sekali kreasi dengan berbagai fasilitas yang disediakan oleh Power Point.

Bagi anda yang bosan dengan Power Point dan mencoba inovasi baru dalam melakukan presentasi, maka Prezi cocok bagi anda. Prezi juga cocok bagi anda para pendidik dalam membuat media pembelajaran yang interaktif dan berbasi animasi. Sehingga siswa-siswa anda tidak bosan dengan pergantian slide yang monoton.

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *