Mengenal Hema, Supermarket Tercanggih Saat Ini

Shanghai Hema Supermarket yang memiliki julukan sebagai Supermarket of The Future, atau supermarket masa depan merupakan pasar swalayan modern yang dimiliki oleh Alibaba, perusahaan ternama di China. Hema Supermarket memiliki banyak cabang yang tersebar di China, sekitar 20 cabang yang tersedia. Hema Supermarket memiliki gaya tersendiri dalam mengemas konsep supermarket. Hema Supermarket menggunakan berbagai macam teknologi modern dalam supermarketnya. Mereka menyajikan teknologi-teknologi yang berfungsi, tak lain dan tak bukan untuk memuaskan para pelanggannya.

Hema Supermarket CanggihDi pasar swalayan ini, para karyawan akan memindai dan mengambil barang-barang dari rak dan menempatka tas-tas belanja untuk menjamin layanan yang cepat. Bahkan, para pembeli bisa menemukan dan memesan makanan laut yang masih segar untuk dimakan di toko yang telah disiapkan maupun untuk di bawa pulang.

Di sini, semua produk memiliki kode QR yang dapat dipindai untuk menampilkan info produk. Metode pembayaran di Hema Supermarket menggunakan sebuah teknologi yang menyediakan jasa checkout sendiri dengan metode pengenalan wajah untuk memverifikasi identitas para pembeli.
Pasar swalayan yang didirikan oleh Alibaba ini, saat ini telah terdapat 20 toko di China. CEO Alibaba, Daniel Zhang, mengatakan bahwa Hema Supermarket bukanlah sebuah supermarket. Ini bukan toko makanan. Ini adalah seekor hewan baru.

Agar lebih mengenal Hema, supermarket tercanggih saat ini, maka kita juga perlu melihat berbagai teknologi yang digunakan di dalamnya.

#1: Face Recognition

Merupakan sebuah teknologi yang telah banyak digunakan dalam sistem keamanan dengan cara mengidentifikasi dan mengenali wajah menggunakan sebuah kamera untuk menangkap wajah seseorang kemudian dibandingkan dengan wajah yang sebelumnya yang telah disimpan di database tertentu. Dengan memasukkan nomer telepon, basis data Alibaba yang menyimpan data penduduk akan mengecek validasi data pembeli yang menggunakan teknologi tersebut. Dari data tersebut kemudian dihubungkan dengan Alipay, metode pembayaran Alibaba

#2: RFID

Setiap produk yang ada di Hema Supermarket ini memili QR code yang dapat di scan melalui melalui smartphone dan akan menampilkan detail informasi dari produk. Teknologi ini akan diletakkan pada permukaan barang, sehingga bayar yang ingin dibayar, dapat dibayar tanpa harus melakukan pengecekan.

#3: Conveyer Overhead Belt

Setelah menerima pesanan dari pembeli, karyawan supermarket tersebut langsung memindai dan mengambil barang-barang yang dibutuhkan dari rak, lalu meletakkan pada tas belanja di conveybelt yang tergantung di atas kepala untuk menjamin kecepatan layanan.

Salah satu layanan yang cukup memanjakan pelanggan adalah Hema Supermarket juga melayani pemesanan secara online dan menjamin bahwa pesanan akan diantarkan ke pemesan dalam waktu tidak lebih dari 30 menit. Agar lebih mengenal tentang Hema Supermarket, silahkan cek videonya di bawah ini.

 

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *