Mengenal Teknologi Dibelakang Google Doodle Versi Guitar

Hari ini, Google menghiasi halaman webnya dengan doodle berupa guitar yang bisa dimainkan secara langsung, baik melalui mouse ataupun keyboard. Bagi anda pecinta musik bisa dengan mudah memainkan guitar tersebut. Akan tetapi bagi anda para pecinta teknologi, mungkin bukan serunya main gitar secara online, akan tetapi teknologi apa yang dipakai di belakang doodle tersebut.

Google doodle model gitar

Tampilan ini hanya berlaku 24 jam, jadi buruan sebelum hilang. Tampilan ini sengaja dibuat untuk mengenang sosok mususi legendaris .

OK kita langsung ke pokok masalah,yakni teknologi. Berdasarkan official blognya google, mereka memakai beberapa kombinasi teknologi di antaranya: JavaScript, HTML5 Canvas (digunakan untuk menggambar senarnya), CSS, Flash (untuk suaranya) and tools seperti Google Font API, goo.gl and App Engine.

Beberapa teknologi tersebut mungkin sudah tidak asing lagi seperti Javascript, HTML 5, CSS dan Flash. Yang mungkin perlu kita bahas adalah Google Font API, goo.gl dan App Engine.

App Engine

Google App Engine adalah platform untuk mengembangkan aplikasi web dan hosting di pusat data yang dikelola Google. Pertama kali dirilis sebagai versi beta pada bulan April 2008.Google App Engine menggunakan teknologi CLoud Computing.

Platform [1] Lain-lain yang juga Cloud-based seperti Amazon Web Services dan Microsoft’s Azure Services Platform. App Engine berbeda dari layanan seperti Amazon Web Services, meskipun, dalam AWS. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda kunjungi website resminya disini


goo.gl

Merupakan sebuah Google URL Shortener di goo.gl yang digunakan oleh produk Google untuk membuat URL singkat yang dapat dengan mudah dishare lewat tweeter atau lainnya, ataupun email ke teman.

Google Font API

Google Font Direktori menyediakan font web berkualitas tinggi yang dapat digunakan dalam halaman web anda dengan menggunakan Google Font API. Font Google API membantu Anda menambahkan font web untuk setiap halaman web.

Manfaat dari Google Font API meliputi:

  • Pilihan font open source yang berkualitas .
  • Bisa ditampilkan dalam banyak browser.
  • Sangat mudah digunakan.

Menerapkan font sangatlah mudah: tambahkan saja link stylesheet khusus untuk halaman web Anda, kemudian gunakan font dengan gaya CSS. selangkapnya ada disini

 

 

 

 

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *