Pembuatan Game Edukasi Brama Kumbara – Bagian 1

Game edukasi kian hari kian populer dengan banyaknya developer lokal yang mulai secara kreatif membuat karya-karya mereka. Walaupun sedikit disayangkan sebagian masih asal comot resource yang digunakan tanpa memperhatikan hak cipta seseorang. Saya sendiri bersama beberapa rekan lainnya mencoba membuat game edukasi ini hanya untuk membuktikan konsep permainan mobile, konsep AI dalam game dan konsep permainan dalam jaringan dimana ketiganya merupakan bagian materi di kuliah pasca sarjana yang saat ini sedang tak perjuangkan agar cepet selesai. Pada bagian pertama ini coba saya tuliskan tahapan pertama yang kami tempuh yakni sisi edukasi, ide cerita, dan pembuatan karakter.

Sisi Edukasi

Sisi edukasi yang ingin kami angkat dari game ini adalah pembelajaran aritmatika sederhana yang meliputi operasi penambahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Target siswa yang ingin kami capai adalah rentang usia anak kelas 1 hingga kelas IV SD. Harapannya adalah secara perlahan siswa akan mampu meningkatkan kemampuannya secara perlahan melalui game yang akan dibuat.

Ide Cerita

Ide cerita ini diperlukan agar game yang dibuat dapat menarik pengguna hingga secara nyaman dan fun dalam memainkan game sehingga secara tidak sadar telah mengalami sebuah proses pembelajaran. Setelah ngobrol ngalor ngidul, akhirnya disepakati ide cerita yang diangkat adalah kisah Brama Kumbara yang ingin menyelematkan Dewi Harnum yang diculik oleh monster. Monster ini membawa Dewi Harnum dan ditawan di Panembahan Saba. Dalam proses menyelematkan sang pujaan hati, Brama harus melewati beberapa rintangan yang nantinya diwujudkan berupa penyelesaian soal Matematika sederhana. Tahapannya secara sekilas sebagai berikut ini:

  • Di rintangan pertama, Brama akan menghadapi rintangan berupa penjumlahan dari angka. Disini rintangannya akan muncul sebuah kelapa yang dijumlahkan, semisal : *+***= (kelapa yang akan dipilih, dengan asumsi tanda bintang adalah kelapa. Brama harus mengambil banyaknya kelapa sesuai dengan nilai jumlah dari hasil pertanyaan tadi. Kemudian jika benar, maka Brama akan lanjut ke tingkat berikutnya.
  • —Di rintangan kedua,Brama harus menyelamatkan “partnernya” berupa hewan ulat bulu yang bernama Gogo. Gogo nantinya akan membantu Brama di level berikutnya. Cara menyelamatkan Gogo adalah dengan cara Brama akan berhadapan dengan jungkat-jungkit. Jungkat jungkit tersebut harus diseimbangkan. Penyeimbangan tersebut dapat dilakukan jika Brama dapat memilih angka yang bertebaran, dimana angka tersebut merupakan jawaban dari angka yang ada di jungkat jungkit. Setelah penyeimbangan berhasil dilakukan, maka Brama dapat melanjutkan ke level berikutnya.
  • —Pada rintangan ketiga, Brama akan berhadapan dengan para monster, ada beberapa monster yang harus dimusnahkan, dengan cara menembak tiap-tiap monster. Disinilah kegunaan Gogo, partner Brama yang membantu menembak para monster. Disini Gogo dan Brama harus waspada, karena para monster pun juga mengeluarkan tembakan yang dapat membunuh keduanya. Untuk pemberian point, dapat ditembakkan apel-apel yang ada di sekitarnya. Setelah Gogo berhasil menembak semua musuh, maka bebaslah sang putri.

Karakter

Karakter pada game ini terdiri dari beberapa karakter yaitu Brama Dewi Harnum, dan Monster. Karakter Brama merupakan karakter utama pada game ini.

Karakter Brama

Karakter Brama dibuat dengan menggunakan setting busana kestaria pulau Jawa tempo dulu. Tokoh Brama menggunakan mahkota untuk menunjukkan posisinya sebagai seorang penguasa. Bentuk tubuh sengaja dibuat tidak menonjolkan otot karena game ini ditujukan untuk anak-anak. Alis pada mata Brama dibuat tebal untuk menunjukkan karakter ketegasannya sebagai seorang kesatria.

Karakter Brama memiliki beberapa kemampuan antara lain:

–      Berjalan

–      Melompat

–      Memukul

Dari hasil deskripsi di atas, akhirnya setelah konsultasi dengan salah satu teman yang jago gambar, dibuatlah sketsa kasar dari karakter ini yang hasillnya seperti gambar di bawah ini.

sketsa karakter brama kumbara

Sketsa Karakter Brama Kumbara

Gambar di atas merupakan sketsa karakter Brama yang kemudian dilanjutkan dengan proses penggambaran vector dan pewarnaan seperti gambar berikut

Hasil tracing and coloring

Hasil tracing and coloring

Hasil pewarnaan ini selanjutnya akan dibuat modelnya dalam bentuk 3D. Obyek 3D ini dibuat dengan low poly karena akan digunakan pada perangkat mobile.

Karakter Dewi Harnum

Karakter Dewi Harnum dibuat dengan konsep kelembutan seorang putri. Busana dan beberapa asesoris yang dikenakan dibuat untuk menunjukkan posisinya sebagai seorang bangsawan. Dalam game ini karakter Dewi Harnum tidak memiliki kemampuan tertentu karena hanya menjadi obyek yang diselamatkan oleh Brama Kumbara.

Sketsa Karakter Dewi Hanum

Sketsa Karakter Dewi Hanum

Hasil sketsa ini kemudian dilanjutkan dengan proses pewarnaan dan menghasilkan seperti pada gambar berikut.

Hasil tracing and coloring karakter Dewi Harnum

Hasil tracing and coloring karakter Dewi Harnum

Karakter Monster

Karakter Monster ini merupakan karakter yang menculik Dewi Harnum. Pada game ini karakter ini akan menghalangi Brama dalam menyelematkan Dewi Harnum. Karakter ini digambarkan sebagai monster khas Indonesia berupa Monster berwarna hijau dengan taring panjang disisi kanan dan kirinya.

Sketsa karakter monster

Sketsa karakter monster

Proses ini kemudian dilanjutkan dengan pewarnaan dan menghasilkan gambar seperti berikut

Hasil tracing and coloring karakter monster

Hasil tracing and coloring karakter monster

Game yang akan dibuat ini ditujukan untuk berjalan pada perangkat mobile dengan sistem operasi Android. Rencananya game ini dibuat dengan menggunakan game engine Unity. Yang pengalaman and jago dibidang game, monggo saya dikasih masukan dan saran.

 

Ucapan makasih:

sketch artist : Aliv Faizal Muhammad

Tracing & Coloring : Dwi Susanto & Ade Pradhita Zul Afifa

3D artist : Pandu Aji Wirawan

semoga bisa tak sambung lagi tulisan tahapan selanjutnya…

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *