Pembuatan Game Edukasi Brama Kumbara – Bagian 2(3D Modeling)

Pada tulisan sebelumnya yakni tentang pembuatan game edukasi Brama Kumbara – bagian 1, telah dijelaskan beberapa hal terkait ide cerita, dan karakter pada game edukasi yang akan dibuat. Pada bagian ini akan dibahas kelanjutannya yaitu terkait 3D Modelling dari karakter yang telah dibuat sebelumnya.

Untuk mempermudah dalam pembuatan model 3D dari karakter, maka perlu dibuat sketsa detail dari karakter tersebut baik dari tampak depan, samping, dan belakang. Sketsa ini nantinya jadi pedoman bagi 3D artist dalam membuat model 3D nya. Salah satu contoh karakter yang dibuat sketsa detailnya adalah karakter Brama Kumbara yang sketsanya seperti gambar di bawah ini.

sketsa brama kumbara

Sketsa Detail Brama Kumbara

Berpedoman pada gambar tersebut, akhirnya dibuatlah model 3D nya dengan menggunakan software Blender dan berikut beberapa screen shotnya.

Brama model 3D

Brama model 3D

Seperti pada penulisan sebelumnya, karakter Brama ini memiliki beberapa kemampuan yaitu berjalan, melompat, dan memukul. Beberapa aksi ini dibuat melalui Blender. Lebih detailnya, silahkan anda cari beberapa tutorial Blender yang banyak sekali di Youtube.

Hasil dari pemodelan 3D melalui Blender ini selanjutnya di export ke dalam format .fbx. File tersebut selanjutnya di import menjadi asset dalam Unity dan pemanggilan animasi berjalan, melompat dan memukul dapat dilakukan dengan mudah. Terkait hal ini, semoga bisa saya tuliskan di kesempatan yang lain.

Credit:

Sketch artist : Ade Pradita

3D artist : Pandu Aji

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *