Zotero, Add On Firefox Untuk Mempermudah Riset Anda

Zotero merupakan sebuah add on Firefox yang mudah untuk membantu kita dalam mengumpulkan, mengorganisasikan dan menganalisa sumber-sumber (mengutip, seluruh teks, halaman web, gambar dan juga obyek-obyek lain) dan anda pun bisa membagi hasilnya dalam beberapa cara. Cocok sekali bagi anda yang sedang melakukan riset, mengerjakan tugas akhir ataupun skripsi. Banyak sekali fitur dari Zotero yang bisa anda manfaatkan. Dalam tulisan ini saya hanya membahas enam fitur saja dari sekian fitur yang ada. Berikut ini detailnya.

1. Mengorganisasikan poin-poin yang anda buat

Kita ambil contoh, semisal anda membuat sebuah penelitian tentang pendidikan, maka anda bisa membagi-bagi poin-poin yang anda teliti. Mulai dari bab utama, sub bab di dalamnya dan juga sub-sub bab di dalamnya lagi. Ini tentu akan memudahkan anda mencari dan mengorganisasikan penelitian anda. Logikanya sama dengan pengorganisasian folder. Berikut gambarnya

Zotero addon firefox

2. Menyimpan sumber-sumber yang anda ambil pada tiap bagian tersebut

Dari poin-poin yang sudah anda bagi tadi, anda bisa menyimpan sumber-sumber yang anda ambil dari internet pada tiap bagian yang ingin anda kehendaki. Semisal untuk bagian kurikulum, anda mendapatkan sumber dari websitenya dikti, maka cukup dengan satu klik, maka halaman web tersebut akan tersimpan dalam komputer anda. Jadi walaupun anda tidak terhubung dengan internet, anda akan tetap bisa membuka dan membaca file pada bagian tersebut. Cukup dengan klik pada folder sesuai dengan bagian yang anda inginkan dan file-file yang anda simpan akan langsung nampak disitu.

3. Pemberian info detail dari tiap sumber yang disimpan

Semisal anda menyimpan sebuah halaman website, maka anda bisa menambahkan catatan-catatan detail dari sumber tersebut. Mulai dari nama pengarang, abstrak, judul website, alamat alamat website tersebut dan juga tanggal anda mengambilnya, dan langsung akan tersimpan. Jika anda mempunyai file lain yang terpisah tapi masih dengan tema yang sama, maka anda bisa memilih menu attach dan melampirkannya disitu. Sangat membantu bukan? anda tidak perlu membaca keseluruhan file sumber yang anda simpan, cukup baca abstraknya. Dan anda tidak perlu bolak-balik pindah window untuk mencari file lain yang berkaitan.

memanfaatkan Zotero

4. Fasilitas Search yang sangat membantu

Kalau daftar sumber yang anda punyai cukup panjang dan anda kebingungan mencari, maka dengan mengetikkan kata pada kotak search, maka hasilnya akan ditampilkan seiring tulisan anda yang tampil. Canggih kan?

5. Highlighting text atau paragraph dengan catatan kecil mendampinginya

Fitur ini yang paling tak suka. Layaknya anda membaca sebuah buku, kemudian memakai stabillo untuk menandai bagian yang penting, maka dengan Zoterro, anda dengan mudah melakukannya. Cukup satu klik kemudian mouse anda drag ke kalimat atau kata dari halaman yang sedang anda baca, maka akan langsung terwarnai layaknya anda memakai stabillo pada buku. Yang lebih keren lagi, anda bisa membuat catatan kecil pada bagian yang anda inginkan. Semisal dalam satu kalimat ataupun satu paragraph.

6. Export data

Data yang anda hasilkan bisa anda export dalam bentuk PDF ataupun dalam bentuk microsoft word atau juga open office. Integrasi dengan Microsoft dan Open office disediakan

Selain enam poin diatas, masih banyak fitur yang bisa anda jelajahi sendiri, salah satunya termasuk pembuatan time line. Yang ini saya belum coba bikin. Jadi mending anda coba install dulu dan bisa anda rasakan manfaatnya. Kalo anda menginstall Firefox yang versi untuk college, maka Zotero akan langsung terinstall, karena ini memang cocok untuk mahasiswa ataupun dosennya.

 

Be Sociable, Share!

Related Posts:

  • No Related Post

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *