Liburan di Singapura Tapi Bingung Sholatnya Dimana? Ini Pilihannya

Anda sedang liburan atau akan merencanakan liburan di Singapura tapi bingung mau sholat dimana? ini pilihannya tempat sholat yang dapat anda gunakan. Pada tulisan ini coba saya rangkum beberapa pilihan tempat sholat yang pernah saya kunjungi saat sedang asyik jalan-jalan di Singapura.

Tempat Sholat di Sentosa Island

Sentosa island merupakan salah satu destinasi wisata populer di Singapura. Selain adanya Universal Studio dan Madamme Tussaud, disini banyak wahana lain yang dapat dicoba untuk mengisi keasyikan liburan di Singapura. Anda dapat menghabiskan seharian penuh, mulai pagi hingga sore hari disini. Saat waktu sholat tiba, tidak perlu khawatir bagi anda yang ingin mengerjakan sholat. Di Sentosa island terdapat beberapa lokasi yang dapat digunakan untuk sholat.

Silahkan mencari tanda ini di bagian bawah Beach Station untuk menemukan musholla

Silahkan mencari tanda ini di bagian bawah Beach Station untuk menemukan musholla

Pilihan pertama untuk sholat di Sentosa Island adalah musholla di Beach StatioMusholla ini berada di Basement 1, area parkir. Setelah turun dari Beach Station, anda dapat turun satu lantai lagi. Terdapat tanda seperti pada gambar dibawah. Anda cukup mengikuti tanda tersebut untuk sampai di lokasi musholla. Tempat berwudhu ada disamping kanan musholla. Apabila anda masuk melalui Premium Gate 3, maka musholla berada disebelah kanannya.

Apabila anda sedang seru-serunya berada di Universal Studio dan waktu sholat telah datang, tenang saja, karena di dalam Universal Studio tersedia musholla yang dapat anda gunakan. Lokasinya berada di samping Battlestar Galactica. Terdapat lampu hijau dengan petunjuk Prayer Room. Silahkan anda ikuti petunjuk tersebut, maka akan anda temukan sebuah ruangan didekat area locker dengan tanda “Prayer Room” dan tempat wudhu telah disediakan di dalamnya.

Masjid Dekat Mustafa Centre

Mustafa Center merupakan salah satu lokasi untuk berbelanja berbagai oleh-oleh dan kebutuhan lainnya yang ingin anda bawa pulang dari Singapura. Mengingat lokasi Mustafa Center yang terbilang luas dan ramai, bisa jadi anda akan membutuhkan beberapa jam untuk berada didalamnya. Bagaimana saat waktu sholat tiba? Tenang saja, ada dua masjid terdekat yang dapat anda datangi untuk mengerjakan sholat.

Masjid yang pertama dekat Mustafa Center adalah masjid Angulia. Hanya berjarak sekitar 250 Meter dari Mustafa Center. Sayangnya saat penulisan artikel ini (September 2018), masjid tersebut masih dalam tahap renovasi, hanya tersisa bagian depan masjid yang menandakan lokasi tersebut adalah masjid. Selebihnya masih dalam tahap pembangunan, sehingga saat itu tidak dapat digunakan untuk sholat.

Masjid Dekat Mustafa Centre

Masjid Dekat Mustafa Centre, Masjid Abdul Gaffor di malam hari

Pilihan lainnya adalah masjid Abdul Gaffor yang dekat dengan Mustafa Center. Dibandingkan dengan masjid Angulia, lokasinya lebih jauh yakni sekitar 750 Meter. Akan tetapi jarak tersebut akan terbayar saat anda tiba dilokasi dan akan terkagum-kagum dengan desain dari masjid tersebut. Tampilan luar masjid tersebut cukup cantik. Sayangnya saya tiba saat malam hari, sehingga saat difoto, hasilnya kurang bagus seperti gambar dibawah ini. Anda coba bisa browsing melalui Google Images dan akan anda lihat cantiknya tampilan masjid tersebut.

Masjid Terdekat Dengan Bugis Street

Bugis Street merupakan pilihan lain bagi para pemburu oleh-oleh dari Singapura dengan harga yang terjangkau. Nuansa berbeda dibandingkan saat berbelanja di Mustafa Centre akan anda temui saat berburu oleh-oleh di Bugis Street. Selain oleh-oleh, anda juga dapat memenuhi rasa lapar anda dengan berbagai pilihan menu di area Bugis Street Food. Harganya masih bersahabat di kantong dengan kisaran harga makanan mulai $4 Singapore Dollar.

Tampak Masjid Bencoolen di bagian belakang

Tampak Masjid Bencoolen di bagian belakang

Bagaimana kalau lagi muter-muter di Bugis Street dan tiba-tiba waktu sholat sudah mau habis? Tenang saja, anda dapat menuju masjid Bencoolen. Tidak terlalu dekat memang, yakni anda akan perlu berjalan sekitar 650 Meter. Disalah satu sisi deretan bangunan, akan dapat dengan mudah anda temukan tulisan Masjid Bencoolen yang terpampang cukup besar di bagian depannya.

Masjid Terdekat Dengan Orchard Road

Orchard Road juga merupakan salah satu destinasi para wisatawan yang sedang berkunjung ke Singapura. Selain lokasi favorit bagi para pemburu barang-barang bermerk, Orchard road juga memiliki beberapa lokasi dengan harga barang-barang yang terjangkau, misalnya di Lucky Plaza. Saya sendiri memilih ke toko buku Kinokuniya untuk belanja beberapa buku yang memang sudah saya incar sebelumnya.

Tampak Masjid Al-Falah di Bagian Belakang

Tampak Masjid Al-Falah di Bagian Belakang

Dengan berbagai pilihan yang ditawarkan di Orchard road, tentunya waktu yang anda habiskan disini juga bisa jadi cukup lama hingga waktu sholat tiba. Untungnya di dekat Orchad road terdapat salah satu masjid yang cukup besar dan mudah diakses yakni masjid Al-Falah. Jarak dari Orchard road hanya sekitar 250 Meter dengan mengarah pada Bideford Rd yang tepat berada depan Nge Ann City.

Salah satu sudut bagian dalam masjid Al-Falah dekat Orchard Road

Salah satu sudut bagian dalam masjid Al-Falah dekat Orchard Road

Musholla di Jurong Bird Park

Bagi penggemar satwa burung, tentunya tidak mau melewatkan untuk mengunjungi Jurong Bird Park demi melihat berbagai jenis burung yang ada di dalamnya. Selain itu, anda juga dapat menikmati berbagai pertunjukan di dalamnya yang sudah termasuk dalam tiket masuk anda. Misalnya pertunjukan High Flyer Show yang dimulai sekitar pukul 13:00 dan King of The Skies yang salah satu jadwalnya adalah pukul 16:00. Sebagai catatan, saat penulisan artikel ini, waktu Dhuhur pukul 13:01 dan waktu sholat Ashar pukul 16:03. Apabila anda ingin menikmati kedua pertunjukan tersebut dan tentunya tidak ingin melewatkan sholat anda, tenang saja anda dapat melakukan sholat di dalam Jurong Bird Park.

Jurong Bird Park menyediakan satu ruangan kecil yang dapat anda gunakan untuk sholat. Anda cukup mendekat ke arah pintu masuk dan bertanya pada salah satu petugas penjaga tiket. Maka selanjutnya anda akan diantar kesebuah ruangan yang hanya staff Jurong Bird Park yang dapat membukanya. Ruangan ini dari luar tidak nampak sebagai musholla, karena tidak ada tanda khusus pada bagian luarnya. Bisa jadi awalnya ruangan ini hanya digunakan untuk para pegawai mereka. Karena memang populasi umat islam di Singapura hanya sekitar 15%, bisa jadi diantara pegawai Jurong Bird Park ada yang muslim. Tips dari saya saat mau sholat di Jurong Bird Park, silahkan mengambil wudhu terlebih dahulu di toilet terdekat, karena tidak tersedia tempat wudhu di dekat ruangan tersebut. Tidak perlu sungkan, karena petugas Jurong Bird Park sangat membantu apabila anda mau bertanya.

Be Sociable, Share!

Related Posts:

  • No Related Post

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *