Beberapa Trik di Editor VI

Beberapa diantara pembaca mungkin sudah sangat berpengalaman dalam bermain editor vi dilinux, akan tetapi bagi mereka yang pemula, mungkin akan sering mengeluh mengingat terbatasnya fasilitas dibandingkan editor yang jalan di Windows. Nah melalui tulisan ini kangtanto akan menuliskan beberapa trik di editor VI misalnya untuk copy paste, menampilkan nomor baris dan melakukan copy paste teks dari window lain.

Copy Paste
Copy paste yang dimaksud disini adalah melakukan copy paste teks yang berasal dari editor vi itu sendiri. Misalnya kita ingin copy baris pertama dan melakukan paste pada baris terakhir. Misalnya anda sedang melakukan edit file, pastikan anda tidak dalam keadaan Insert, pilih baris yang ingin anda copy, selanjutnya tekan Shift + Y dan untuk melakukan paste, tekan Shift + P

Menampilkan Nomor Baris

File dengan baris yang sangat panjang tentunya akan bikin anda mumet dalam melakukan editing melalui editor Vi. Nah ada cara untuk menampilkan nomor baris pada editor vi, yakni pastikan anda tidak dalam keadaan insert, jika ya tekan tombol Esc. Untuk menampilkan nomor baris tuliskan <code>: set number </code>.

Apabila anda ingin menghilangkan tampilan nomor baris, tuliskan <code>:set nonumber</code>

Melakukan Copy Paste dari Window Lain

Seringkali kita memerlukan teks dari window lain, nah untuk melakukan copy paste dari window lain ke editor vi caranya adalah copy teks yang berasal dari window lain, browser misalnya. Selanjutnya pada editor vi, melalui mouse klik kanan pada lokasi yang anda inginkan, maka tulisan akan ter-paste disitu.

semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Related Posts:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *