Menghitung jumlah absensi di Oracle tiap bulan

Permasalahan ini kangtanto temukan pada saat pengembangan website dosenjaga PENS-ITS. Pada awalnya permasalahan penghitungan jumlah absensi ini bukan masalah, karena awalnya mahasiswa login beberapa kali sehari pun akan tetap terekam sekali dalam tabel. Akan tetapi muncul permasalahan ketika ada peraturan akademik yang baru, yakni mahasiswa diharuskan online pada saat dosen juga online, padahal dosen satu dengan lainnya mempunyai jadwal yang tidak sama setiap hari, yang artinya harus memungkinkan untuk merekam aktivitas setiap login mahasiswa, kapan mahasiswa login, kapan aktivitas terakhirnya dan kapan logoutnya.

Nah pada tabel akhirnya terekam banyak tanggal yang sama meskipun waktunya beda-beda, Padahal untuk menghitung total absen selama 1 bulan, cukup dihitung sehari itu dia login gak, minimal sekali. Nah akhirnya setelah browsing sana-sini, ketemu juga caranya, yakni:

SELECT COUNT(*)  FROM (SELECT DISTINCT to_char(tanggal,’dd-mm-yyyy’)   FROM Nama_Tabel where nomor_mahasiswa=7411 and to_char(tanggal,’mm-yyyy’)=’04-2011′ )

skrip di atas adalah untuk penghitungan pada bulan April.

OK semoga bermanfaat….

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *