Tutorial Hosting Gratisan dan Berbayar

Pada hari Rabu(22/05) dan Kamis(23/05) kangtanto diminta membantu mengisi acara pelatihan pembuatan website untuk pemasaran usaha. Pelatihan ini diikuti para pelaku UKM di beberapa wilayah Jawa Timur dan beberapa daerah luar Jawa. Kali ini kangtanto kebagian ngisi materi terkait penerapan hosting baik yang gratis maupun berbayar.

Pada penerapan hosting gratisan, saya memanfaatkan layanan 000webhost.com. Di awal acara cukup lancar meskipun koneksi internetnya putus nyambung. Akan tetapi sering juga server 000webhost.com down. Nah pengalaman inilah yang sering saya tekankan ke peserta, bahwa salah satu kekurangan utama hosting gratisan adalah tidak adanya jaminan kalau website yang kita buat akan terus bisa diakses. Selain itu kita tidak bisa menentukan nama domain yang cantik untuk web pemasaran kita.

Bagi anda yang penasaran dengan 000webhost.com dan ingin mencoba langsung, anda bisa mendownload tutorialnya step by step di sini.

Untuk materi penerapan hosting yang berbayar, saya memberikan contoh jasa provider yang saya pakai dari awal hingga sekarang yaitu Master******.com. Disini saya ajak peserta untuk mengikuti langkah demi langkah dalam melakukan pengecekan nama domain, apakah sudah dipakai atau belum, hingga melakukan pemesanan domain dan hosting. Untuk selanjutnya apabila peserta ingin terus mendapatkan domain dan hosting tersebut bisa melakukan pembayaran untuk mengaktifkan pesanan.

Melalui hosting yang berbayar ini, peserta akan mendapatkan domain sesuai yang diinginkan dan sekaligus bisa langsung memanfaatkan beberapa fasilitas penting misalnya kemudahan dalam menginstall toko online baik berbasis Joomla, Prestashop atau WordPress.

Bagi anda yang penasaran dengan langkah-langkahnya, silahkan anda download disini tutorialnya.

Semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Related Posts:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *