Apa Benar Desain Dari Web Yang Paling Berpengaruh?

Apa benar desain dari sebuah web yang paling menentukan dari sebuah web?

Jika kita melihat beberapa website yang populer, maka hal ini terkesan sebuah kesimpulan yang agak sulit. Lihat saja, beberapa website yang populer, memiliki desain yang sangat bagus. Tetapi pada beberapa website tidak terlihat mementingkan desain dan tidak mengurangi popularitasnya.

Dan yang paling mengejutkan adalah, para pengunjungnya pun terlihat cuek saja.

Nyatanya, web-web dengan desain yang kurang bagus ini telah memiliki pengunjung fanatik selama bertahun-tahun dan bahkan pemiliknya pun tidak bermimpi untuk merubah desain webnya. Mereka bangga dengan web yang terlihat kurang bagus secara tampilan tapi mudah digunakan dan gampang dipahami alias gak ruwet.

Kangtanto ada dua contohnya

Ebay


Jika kita melihat ke standard web yang sekarang, maka ebay melakukan banyak kesalahan. Dulu sekitar tahun 1997, ebay memoles webnya dengan banners, button web dan logo yang benar-benar tidak manut sama aturan umum sebuah logo yang bagus.

Sekarang, ebay merubah tampilannya menjadi lebih bersih dan menghilangkan berbagai warna-warna anehnya yang mirip warna-warna anak SD. Lebih menampilkan jalur yang jelas untuk berbelanja bagi para pengunjungnya. Dan tentunya tidak ketinggalan adalah logo-nya yang sudah terkenal seantero jaga ,tapi tetap tidak terlalu bagus.

Yang dapat kita pelajari dari Ebay:

Halaman ebay dibuat untuk langsung mengantar anda pada produk yang ditawarkan. Orang mengunjungi ebay dengan tujuan untuk mencari dan membeli barang, dan ebay tahu ini. Bukan hanya hal ini menguntungkan bagi ebay, akan tetapi memang itu yang dibutuhkan, beli barang. Ebay mengetahui dengan baik hal ini dan seluruh tampilan web didesain untuk mendukungnya.

Jika anda memiliki bisnis di bidang ecommerce, maka ebay ini merupakan model yang bagus untuk menjadi rujukan. Menjadikan sebuah web toko online yang mudah dipahami, mudah digunakan dan gak ruwet. Ingat, pengunjung datang untuk membeli barang, bukan terkagum-kagum sama tampilan web tapi tidak beli barang.

Salah satu tampilan web toko online di Indonesia

Kangtanto sempat baca-baca dan browsing beberapa toko online di Indonesia yang memiliki ide yang sama dengan ebay. Tampilan sederhana, penghasilan? jangan ditanya. Omzetnya bisa sampe jutaan.

Google


Hemm…. boleh kah kalao kita bilang desain google tidak terlalu bagus?

Bisa ya bisa tidak. Sudah banyak sekali search engine lain yang ingin menyaingi google dengan dukungan tampilan yang lebih yahud, tapi nyatanya Google tidak bergeser sedikitpun dari posisi tahta search engine andalan para pengguna internet.

Google memang bangga dengan tampilan minimalisnya. Dan memang tidak ada alasan untuk tidak bangga kalau kita lihat tahun 2009 kemarin saja, revenue yang dihasilkan mencapai $24 triliun. Hemm…. kayaknya emang sukses walau dengan tampilan sederhana.

Yang dapat kita pelajari dari Google:

Hilangkan kesan berantakan alias desain yang ruwet

Kembali ke awal peluncuran google, desain simpelnya merupakan salah satu point penjualan yang bagus. Saat itu portal seperti Yahoo sedang berada pada popularitasnya, dan para pengguna internet mulai beralih ke search engine yang lebih simpel.

Kuncinya adalah mengetahui apa yang diinginkan oleh para pengunjung dan akhirnya buatlah web yang fokus pada apa yang diinginkan pengunjung.

Selanjutnya anda bisa menambahkan halaman yang lebih kompleks setelah para pengunjung mendaftar. Misalnya Google, halaman utamanya boleh dibilang super duper simpel, tapi begitu pengunjung login maka akan mendapatkan tampilan yang lebih kompleks.

Pikirkan Fungsinya dulu baru Estetikanya

Yang perlu anda pikirkan di awal adalah mengetahui dan memahami apa yang para pengunjung inginkan dan kemudian bantu mereka untuk melakukannya. Disinilah yang dimaksud fungsi dari web. Untuk ebay adalah “jualan”, dan Google adalah “pencarian”.

Be Sociable, Share!

Related Posts:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *