Berbagai Font Cantik dan Gratis Dari Google

Google free web fontsSaat mendesain sebuah web, baik tampilan maupun isinya, maka pilihan terhadap jenis font yang digunakan tak luput dari perhatian kita. Saya masih ingat bagaimana dulu, sebelum perkembangan desain web seperti sekarang, saya harus menyerah dengan pilihan font yang ada saat itu. Misalnya, taruhlah dikomputer kita menginstall berbagai font yang menarik, akan tetapi tidak akan dapat kita gunakan, karena saat sebuah halaman web dipanggil oleh pengguna, maka font yang dikenali hanyalah font yang ada di komputer pengguna tersebut. Kini anda tidak perlu kuatir lagi dengan hal tersebut, karena Google telah menyediakan berbagai jenis font gratis yang bisa anda gunakan untuk mempercantik web anda, tanpa anda perlu menginstallnya. Cukup dengan hanya menaruh link dari font yang anda pilih.

Bagaimana cara menggunakan font Google?

Caranya sangat mudah, silahkan anda kunjungi halaman font Google di alamat ini. Selanjutnya silahkan anda pilih berbagai jenis font yang disediakan. Beberapa pilihannya seperti gambar di bawah ini:

Koleksi Font gratis dari Google

Jika pilihan anda telah jatuh pada salah satu jenis font, silahkan anda klik “Quick Use”, maka anda akan dibawa ke halaman selanjutnya dimana anda bisa merubah beberapa pilihan atau setting yang disediakan. Salah satu bagian yang tidak boleh luput dari perhatian anda adalah sebuah infografis di sebelah kanan yakni terkait load time. Google memberikan catatan bahwa semakin banyak font yang anda pakai, maka akan mempengaruhi kecepatan akses dari web anda. Maka sebaiknya cukup gunakan satu atau beberapa font saja dan perhatikan informasi page load yang diberikan.

Informasi Page Load yang dibutuhkan

Informasi Page Load yang dibutuhkan untuk font yang dipilih

Selanjutnya silahkan anda scroll ke bawah dan perhatikan pada langkah nomor 3. Pada kotak tersebut Google memberikan link untuk ditempelkan pada bagian awal halaman web anda. Misalnya pada bagian head.

Menambahkan font Gogle untuk pengguna WordPress

Untuk pengguna WordPress, anda bisa menambahkan link tersebut ke file header.php pada bagian head.

Penerapan pada bagian CSS

Pada file CSS, anda bisa langsung menggunakan jenis font yang anda pilih. Misalnya saya memilih jenis font Quando dan akan menerapkannya pada bagian class menu. Maka saya cukup menuliskan seperti di bawah ini:

.menu{
         font-family:'Quando',helvetica,arial;
}

Google juga menyediakan langkah-langkah secara detail termasuk setting untuk tebal ataupun italic melalui halaman developernya disini.

Silahkan anda coba dan let me know hasilnya.

NB: Saya menggunakan dua jenis font untuk web ini, yakni untuk Title web dan juga untuk judul-judul artikel.

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *