Desain Web Untuk Mobile Dengan Sketsa

Pengguna perangkat smartphone yang cukup banyak saat ini tidak bisa dipungkiri memberikan dampak pada cara pengguna berselancar di internet. Itulah mengapa sekitar 3 tahun lalu responsive design telah muncul untuk menjadi solusi. Responsive design muncul untuk menjadi solusi berbagai jenis ukuran layar yang digunakan oleh pengguna. Selain pada desain web yang responsive design, menjamurnya pengguna smartphone juga diikuti oleh banyaknya aplikasi mobile yang bermunculan. Pada tulisan ini akan kita bahas tentang tips desain web untuk mobile dengan sketsa.

Desain Web Untuk Mobile Dengan Sketsa

Seringkali dalam pembuatan aplikasi mobile ataupun web, kita melewatkan tahapan-tahapan awalnya. Pada tulisan saya yang lain telah mengupas tentang tahapan-tahapan awal dalam web desain. Salah satu tahapan awalnya adalah skets. Salah satu manfaat utama dari langkah skets dalam desain web adalah dapat membantu kita dalam memahami permasalahan yang sedang ingin kita pecahkan dari aplikasi mobile atau web yang akan kita buat.

Beberapa alasan yang seringkali membuat langkah ini terlewat adalah:

  • Deadline yang mepet
  • Mendesain dengan software lebih cepat dan hasilnya bisa langsung kelihatan
  • Perlu menunjukkan hasil desain ke klien dan tidak mungkin menunjukkannya dalam bentuk coretan tangan yakni sketsa
  • Tidak bisa menggambar

Sketsa Membantu Memahami Permasalahan Dan Memberikan Solusi

 

desain web untuk mobile

Saat kita melakukan sketsa, sebenarnya kita akan lebih memahami permasalahan yang sedang ingin kita pecahkan. Tentunya aplikasi mobile atau desain web yang akan kita buat salah satu tujuannya adalah memecahkan sebuah permasalahan. Saat melakukan corat coret sketsa, ide-ide baru juga akan muncul. Bisa juga kita melihat permasalahan baru misalnya terkait user experience. Selain itu, sketsa akan memudahkan kita untuk membuat alternatif solusi yang berbeda. Sehingga kita tidak terikat hanya pada satu solusi.

Cara Melakukan Sketsa Untuk Apilkasi Mobile dan Web Desain

Cara paling sederhana adalah dengan menyediakan kertas kosong dan pensil atau bolpoin dan segera menggambar. Akan tetapi apabila anda ingin lebih mudah, terdapat beberapa template yang dapat anda download dan kemudian anda cetak. Template ini akan memudahkan anda, karena sudah ada batasan terkait ukuran layar.Salah satu template yang dapat anda download dan gunakan adalah milik Erik Loehfilm.

Apabila anda kekurangan ide, anda dapat mencoba melihat-lihat beberapa galeri tentang mobile UI untuk inspirasi. Beberapa web dapat anda kunjungi seperti Inspired UI, Pttrns, Lovely UI dan juga UI Parade. Di website-website tersebut sudah dikelompokkan pertopik. Anda dapat melakukan proses ATM atau Amati, Tiru, dan Modifikasi. Apabila anda telah membuat beberapa skets yang berbeda-beda, pilihlah salah satu yang terbaik dan lanjutkan hingga banyak halaman. Setelah langkah sketsa selesai, anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yakni wireframe, mockup dan prototype.

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *