Humans.txt, Alternatif Baru Menuliskan Author Website

cara baru menuliskan author websiteSebuah website, entah untuk tujuan apapun saat dibuat, tentu ada author atau pembuat website tersebut. Entah itu sendirian atau berjamaah(kata lain dari tim :) ). Ada beberapa cara yang ditempuh oleh pembuat website untuk menuliskan nama-nama yang terlbiat dalam pembuatan sebuah website, ada yang melalui meta tag ada juga yang menambahkan nama beserta link nya di bagian bawah halaman. Cara terakhir ini tentunya tidak semua pemesan website menyukainya. Kalau website anda sendiri dan anda buat sendiri, tentulah cara terakhir ini bisa ditempuh. Saat ini muncul sebuah alternatif baru untuk menuliskan semua anggota tim yang terlibat dalam pembuatan website, yaitu humans.txt.

Apa itu Humans.txt

Adalah merupakan sebuah inisiatif untuk mengenalkan orang-orang dibelakang layar yang terlibat dalam pembuatan website, baik programmer, ux designer atau peran lainnya. Humans.txt ini merupakan sebuah file yang berformat txt yang ditaruh di root folder dari website.

Mengapa harus txt?

Alasannya adalah karena file txt merupakan file yang sederhana dan gampang dibuat. Selain itu, seperti saya tulis di awal, biasanya konsumen yang memesan pekerjaan web kita, tidak suka kalau kita menempelkan nama kita tau bahkan nama-nama tim kita dihalaman webnya. Nah dengan menggunakan file txt ini, anda bisa menunjukkan bahwa andalah pembuatnya.

Dimana kita menaruhnya?

File humans.txt ini ditaruh di folder root website yang anda buat. Anda juga bisa menambahkan pada tag author pada bagian head dari halaman website anda. misalnya seperti di bawah ini:

Meta name atau humans.txt

Sebenarnya tujuannya bukan untuk membandingkan atau malah mengajak kompetisi, tapi sebenarnya ingin menunnjukkan cara lain dalam menuliskan anggota tim pembuat website.

Ini Ide Siapa?

Tulisan diatas ini saya kutip dari website humanstxt.org, yang merupakan pencetus ide ini. Mereka menuliskan dihalaman websitenya bahwa internet adalah untuk manusia, tapi kita selalu membuat file-file berisi informasi tambahan yang notabene ditujukan untuk searchbots yakni si robots.txt. Nah kenapa tidak mulai menuliskan untuk kita sendiri?

internet untuk manusia

Bagaimana caranya?

Apabila anda tertarik, silahkan kunjungi humanstxt.org dan disana anda juga bisa menemukan template yang bisa anda gunakan untuk mulai menuliskan humans.txt versi anda. Selamat mencoba.

Be Sociable, Share!

Related Posts:

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *