Cara Opta Mengumpulkan Data Pertandingan Sepakbola

Opta yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang pengumpulan dan analisa data pertandingan olahraga, selalu terlibat dalam pengumpulan data pertandingan-pertandingan sepakbola tim-tim kelas dunia. Anda penasaran bagaimana cara Opta mengumpulkan data pertandaingan sepakbola ? Sebagai contoh misalnya dalam pertandingan di liga Primer Inggris, secara garis besar cara Opta mengumpulkan data pertandingan sepakbola sebagai berikut.

 

Langkah #1: Berpatokan Pada Jadwal Pertandingan

Biasanya, jadwal Barclays Premier League (BPL) atau Liga Inggris diumumkan 6 bulan sebelumnya. Tim data collection (aka Ops) menyusun jadwal dan segera saat informasi didapatkan mereka melaporkan ke Staff Perencana. Pada tiap pertandingan, Opta akan menampatkan 3 orang staffnya, dimana satu orang untuk masing-masing tim dan 1 orang yang bertugas untuk memonitor pekerjaan kedua orang tersebut.

 

Langkah #2: Memasukkan Data Saat Pertandingan

opta dalam sepakbola

Saat pertandingan dimulai, di ruang data collection, para spesialis menyaksikan pertandingan dengan software khusus, sehingga jika terjadi event dalam suatu pertandingan, sang analis bisa langsung mencatat kejadian tersebut secara langsung melalui software tersebut. Yang dicatat yaitu event yang terjadi terhadap bola (pass,shoot,dll). Hal ini dicatat secara terperinci (where, what & who) dan berfokus pada akurasi.

Pengumpulan data dilakukan dengan menjalankan software khusus milik Opta yang didalamnya ditampilkan video pertandingan dan disekelilingnya terdapat berbagai macam menu untuk mencatat semua kejadian di lapangan. Langkah pertama adalah dengan memasukkan data para pemain yang sedang bertanding. Dengan mengandalkan mouse dan keyboard untuk shortcut, para staff Opta memasukkan data pada database mereka secara langsung.

Proses pengumpulan data ini dilakukan sangat detail, misalnya sumbu koordinat x/y yang lengkap (bahkan sumbu z dapat digunakan, seperti saat tendangan ke gawang lawan). Dalam sepakbola, Opta rata-rata merekam data antara 1.600 – 2.000 kejadian dalam setiap pertandingan. Kejadian tersebut dicatat/direkam dan didistribusikan secara langsung. Tiga analis memantau setiap pertandingan, satu mengumpulkan data dari tim tuan rumah, satu analis untuk tim tamu, dan analis terakhir menjadi supervisor data tersebut dan menambahkan beberapa data sebagai informasi tambahan.

 

Langkah #3: Distribusi Data

Data-data yang telah direkam oleh para analis didistribusikan langsung ke data center di London melalui skema XML, API maupun metode lainnya seperti yang diinginkan pelanggan. Waktu dari event yang terjadi (timestamp) harus sangat detail, karena para pelanggan menggunakanautomated video clips, sehingga misalnya gol terjadi jam 12 tepat, mereka akan memotong klip dengan patokan data yang direkam analis Opta secara otomatis.

Pelanggan data Opta tidak hanya klub sepakbola, akan tetapi juga banyak stasiun televisi yang memanfaatkan data dari Opta untuk menambah kualitas siaran atau informasi yang mereka sampaikan ke penonton.

Opta mengumpulkan data yang menyeluruh termasuk akurasi umpan, sentuhan, duel udara yang sukses, uji coba yang sukses dan banyak lagi. Kamera tidak dapat memproses semua statistik ini. Jadi Opta mempekerjakan banyak karyawan yang merupakan penggemar sepak bola yang akrab dengan aspek teknis sepakbola. Pekerja mereka akan menghadapi komputer saat memeriksa setiap tindakan. Untuk mendapatkan kepastian mereka untuk mengulang semua detik dari momen tertentu secara efisien. Misalnya, untuk memastikan apakah itu berhasil atau tidak. Data-data ini dimasukkan langsung ke dalam basis data mereka dan dalam beberapa menit akan dapat penyiar membayar layanan mereka. Untuk pengguna smartphone, itu langsung ke ujung jari kita semua. Ada sekitar 1.600-2.000 jumlah data yang dihasilkan oleh perangkat lunak khusus.

Dalam satu musim, Opta memproses lebih dari 14.000 pertandingan sepak bola dalam satu musim yang melibatkan liga di seluruh dunia termasuk Eropa, Amerika, dan sekarang Asia. Opta telah membantu banyak tidak hanya pemirsa dan komentator, tetapi juga digunakan oleh analis dan pelatih sepak bola dalam menilai pemain mereka serta potensi pemain yang berada dalam pengawasan mereka. Analis sepakbola dapat menggunakan data opta untuk berdebat tentang sebuah tim. Analis sepakbola dapat menggunakan data opta untuk berdebat tentang sebuah tim.

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *