Peralatan Desain Web Untuk Ide Desain Anda

Sebelum anda menuangkan ide desain web anda dalam bentuk wireframe, mockup, prototype atau bahkan dalam bentuk pemrograman, sebaiknya anda memulai ide desain web dalam bentuk skets. Desain web menggunakan skets akan memudahkan anda dalam menuangkan ide desain anda. Skets membantu anda dalam mendesain tampian menu, tampilan content ataupun interaksi yang akan terjadi didalamnya. Pada tulisan ini akan kita bahas terkait peralatan desain web untuk ide desain anda yang bisa anda gunakan untuk melakukan skets pada media kertas.

Buku Skets Untuk Desain Web

desain_web_5.png

Buku ini merupakan peralatan pertama yang saya rekomendasikan. Buku bernama Web Design Sketchbook ini memang ditujukan untuk membuat skets web yang akan dibuat. Dibagian awal buku anda diminta mengisi beberapa pertanyaan terkait web yang akan dibuat. Beberapa pertanyaan diantara menyangkut target pengguna, bagaimana anda mempublikasikan web anda, dan tone desain seperti apa yang akan anda pilih.

Tampilan halaman isi dari buku web design sketchbook

Tampilan halaman isi dari buku web design sketchbook

Pada bagian berikutnya anda dapat menggunakan halaman yang dilengkapi dengan grid untuk membuat skets desain web anda. Terdapat satu halaman dengan empat thumbnail yang masing-masing dilengkapi grid. Selain itu anda dapat juga menggunakan halaman yang berisi satu thumbnail atau dua thumbnail. Selain dilengkapi grid, tiap halaman juga disediakan baris untuk catatan anda.

Apabila anda tidak berminat untuk membeli dalam bentuk fisik, anda juga dapat mendownload tiap halaman dari buku ini dalam bentuk pdf. Silahkan download buku skets untuk desain web ini.

Peralatan Desain Web

Pensil dan kertas merupakan sarana yang tepat untuk menuangkan ide dan itu juga berlaku bagi anda untuk menuangkan ide desain web yang akan dibuat. Untuk memudahkan dalam membuat desain web anda dalam bentuk skets, ada beberapa peralatan yang dapat anda pilih. Beberapa peralatan ini dikeluarkan oleh uistencils.com.

desain_web_1.png

Uistencils menyediakan penggaris dengan icon-icon yang biasa kita temui pada web. Selain icon, pada pinggiran penggaris dapat anda jadikan acuan saat membuat garis atau kolom, karena satuan yang digunakan pada penggaris adalah pixel.

desain_web_2.png

Selain untuk ukuran layar desktop atau laptop, juga terdapat peralatan untuk ukuran layar mobile. Cocok bagi anda untuk mendesain web yang responsive atau bagi anda yang membuat desain untuk aplikasi smartphone.

Peralatan Mendesain Aplikasi Mobile

Bagi anda yang berkecimpung dipengembangan aplikasi mobile, anda juga dapat menggunakan peralatan-peralatan ini. Disediakan peralatan untuk smartphone berbasis android ataupun ios.

desain_web_3.png

Tersedia juga template dalam bentuk kertas dengan ukuran sebenarnya. Sehingga anda dapat langsung membuat skets aplikasi mobile anda langsung pada media kertas dengan ukuran layar yang sama dengan perangkat mobile yang umumnya tersedia dipasaran.

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *