Tren Web Desain Yang Muncul Tahun 2017

Tahun 2017 yang sedang berjalan diiringi kemunculan beberapa tren web desain. Tren visual yang mempengaruhi tampilan web ini juga berpengaruh pada user expereince juga. Pada tulisan kali ini akan kita bahas beberapa tren web desain yang mulai bermunculan di tahun 2017 ini.

Tren Web DesainĀ  : Serif Fonts

Jenis fonts Sans-serif beberapa waktu ini sempat mendominasi dunia typography web. Jenis fonts seperti Maven Pro, Futura, dan Helvetica Neue menjadi font yang paling banyak digunakan oleh desainer web. Akan tetapi akhir-akhir ini font Serif mulai menjadi tren lagi. Sebenarnya sejak pertengahan 2016 font keluarga serif sudah mulai populer kembali sejak para typographer membuat versi modern dari Serif. Font seperti Slab Tall X, Justus dan Novello mulai digunakan di web desain.

tren web desain

tampilan dari surrealistgame.boijmans.nl yang menggunakan font keluarga Serif

Jenis font keluarga Serif ini sebelum merambah ke desain web, sebenarnya telah digunakan pada beberapa media lainnya. Salah satunya adalah media televisi dan sinema. Sebut saja beberapa film yang menggunakan jenis font ini seperti film Bear Stoy, Room dan The Hateful Eight.

2. Tren Web Desain : Palet Warna Natural

Belum lama ini Pantone mengumumkan bahwa “Greenery” merupakan warna tahun 2017. Warna hijau merupakan warna alam atau warna natural. Warna ini akan menggantikan warna yang dipakai tahun 2016 yakni warna yang cerah dengan tone bubbly. Sejak tahun 2016 warna natural sudah mulai muncul, misalnya di serial televisi Walking Dead.

Natural tidak harus dengan menggunakan warna coklat atau warna Greenery dari Pantone. Anda dapat mix-and-match atau menambahkan aksen warna natural. Pada tahun 2016 sudah terlihat bagaimana seorang designer tidak menggunakan warna yang terlalu cerah akan tetapi masih tetap menghasilkan layout yang menarik.

tren warna web desain

3. Tren Web Desain : Mega Nav

Mega nav atau mega menu sebenarnya sudah menjadi tren pada kisaran tahun 2013 dan 2014. Pada tahun 2015 dan 2016 mulai kalah dari hamburger menu atau biasa dikenal dengan hamburger icon. Pada tahun 2017 sebenarnya masih jadi pertanyaan apakah hamburger menu ini masih akan tetap menjadi tren atau tidak. Mengingat icon hamburger yang apabila di klik muncul pilihan-pilihan menu ini tidak terlalu membantu dalam menghemat space halaman web. Disisi lain sering kali membuat bingung pengguna dalam melakukan navigasi.

tren web desain

Pada tahun 2017 ini mulai muncul kembali mega nav, walaupun sebenarnya beberapa website sudah cukup lama menggunakannya. Misalnya website dari Huffinton Post. Mega navigation atau biasa disingkat meganav merupakan menu navigasi dengan ukuran yang cukup besar dan biasanya mendominasi atau bahkan menutupi kesuluruhan layar saat di hover atau di klik.

Bersambung…

 

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Related Posts:

No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *